GEAR PUMP - INTERNAL GEAR PUMP

GEAR PUMP - INTERNAL GEAR PUMP - PETROLAND PUMP


  

          Gear pump (pompa roda gigi) adalah jenis pompa positive displacement dimana fluida akan mengalir melalui celah-celah roda gigi dengan dinding rumahnya. Disebut sebagai pompa karena fluida yang dialirkan pada umumnya berupa cairan (liquid) atau bubur (slurry). Sedangkan pompa positive displacement berarti pompa tersebut menghisap sejumlah fluida yang terjebak yang kemudian ditekan dan dipindahkan ke arah keluaran (outlet). Gear pump sering digunakan untuk aplikasi hydrolic fluid power. Namun, tidak jarang juga digunakan pada bidang kimia untuk mengalirkan fliuda pada viskositas tertentu. Terdapat dua jenis gear pump, yaitu external gear pump dan internal gear pump. Pompa ini digolongkan sebagai fixed displacement karena jumlah fluida yang dialirkan setiap putarannya selalu tetap.

External Gear Pump 
 
           Gear pump bekerja deangan cara mengalirkan fluida melalui celah-celah antara gigi dengan dinding. Kemudian fluida dikeluarkan melalui saluran outlet karena sifat paasangan roda gigi yang selalu memiliki titik kontak. Suatu pasangan roda gigi secara ideal akan selalu memiliki satu titik kontak dengan pasangannya meskipun roda gigi tersebut berputar. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh mekanisme gear pump untuk mengalirkan fluida. Dengan kata lain, secara ideal fluida tidak akan masuk melalui titik kontak pasangan roda gigi tersebut.

 External Gear Pump, PETROLAND

          Jika jumlah gigi semakin sedikit maka volume fluida yang dialirkan semakin besar karena rongga antara roda gigi dengan dinding semakin besar pula. Sedangkan untuk meningkatkan flowrate dapat dilakukan juga dengan meningkatkan rpm dari roda gigi tersebut. Pompa jenis ini tidak memeerlukan katup/valve seperti pada reciprocating pump sehingga loss dapat berkurang.

Keuntungan
  1. high speed
  2. high pressure
  3. tidak ada beban yang tinggi pada bearing
  4. tidak berisik jika semua bagian dimanufaktur dengan baik
  5. desain tersedia dalam berbagai macam material sesuai kebutuhan
Kerugian
  1. membutuhkan empat bushing yaitu pada ujung masing-masing poros gear
  2. no solid allowed
  3. fixed end clearance

Internal Gear Pump

          Internal gear pump bekerja dengan memanfaatkan roda gigi dalam yang biasanya dihubungkan dengan penggerak dan roda gigi luar yang biasanya bertindak sebagai idler. Awalnya fluida masuk lewat
suction port antara rotor (roda gigi besar) dan idler (roda gigi kecil). Fluida kemudian masuk melalui celah-celah roda gigi. Bagian yang berbentuk seperti bulan sabit membagi fluida dan bertindak sebagai seal antara suction dan discharge port. Fluida yang membanjiri discharge port akan terus didorong oleh fluida dibelakangnya sehingga fluida terus mengalir.



 Internal Gear Pump, PETROLAND


Aplikasi :
  1. berbagai macam oli bahan bakar dan pelumas
  2. resin dan polimer
  3. alkohol dan solvent
  4. aspal, bitumen dan tar
  5. polyurethane foam
  6. food product seperti sirup, coklat atau peanut butter
  7. cat, tinta dan pigmen
  8. sabun dan surfactant
  9. glycol
  10. fuel injection aplication





Info lebih lanjut :

Eki Hardi Saputro
Mobile       : 0856 931 30002
Whatsapp : 08788 3777 506
Email         : ekisaputro@ymail.com
Website     : www.agent-pump.blogspot.com

PT. Fantasi Rekasembada
Jl. Raya Hankam No. 8, Jatiwarna Pondok Melati
Bekasi 17415

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pompa Diaphragm / AIR OPERATED DIAPHRAGM (AOD) PUMP - Blagdon

Pompa Disc / ECCENTRIC DISC PUMP (Mouvex)

Pompa Sentrifugal / Centrifugal Pump - Pompa Air